Resume Kajian Pra-Nikah Pertemuan 7



RESUME KULIAH AKBAR PRA, PROSES, PASCA NIKAH KE-7

📒 ~ "Membangun Maghligai rumah tangga SAMARABA" ~

ðŸ‘ģðŸŧ ustadz Didik Purwodarsono


ðŸŒđ empat harapan keluarga islam adalah SAMARABA (sakinah, mawadah, rohmah, barokah.

ðŸŒđ SAKINAH 
dasar: QS ar Rum: 21 bahwa pasangan itu diciptakan supaya kita merasa tenteram dengannya. sakinah adalah stabil, namun dinamis. jika diibaratkan, maka sama laiknya kereta api yang tetap di rel (stabil) meskipun ia melaju (dinamis). keluarga merupakan organisasi, yang mana para anggotanya saling bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. mayoritas di jaman sekarang, membentuk keluarga bukan untuk bekerja sama tapi untuk sama-sama bekerja, bahkan tidak jarang sang istri menjadi rival suami dalam hal kelihaiannya dalam mencari nafkah. mencari nafkah atau berpenghasilan bagi seorang istri, jangankan wajib, sunnah pun tidak. jaman sekarang, tidak jarang terjadi, suami dan istri berada di kota bahkan pulau berlainan stelah menikah, hal ini menyebabkan sulit mencapai harmonis dan romantis yang merupakan buah dari sakinah. padahal pernikahan itu terikat oleh adanya suatu kesamaan dan saling bersepakat dalam kebersamaan. ada tiga hal yang harus dipegang teguh dalam pernikahan, yaitu:
1. tujuan hidup
2. jalan hidup
3. pedoman hidup
sehingga, jika sebuah keluarga islam sudah benar dalam tiga hal ini maka lebih mungkin akan terwujud stabilitas dalam dinamika hidup berumah tangga. tujuan hidup kluarga muslim adalah mencari ridho Allah, berada di jalan islam, dan berpedoman pada Al-qur'an. kisah keluarga sakinah yang diabadikan dalam al-Qur'an ada dua jenis, yaitu sakinah di jalan yang benar dan sakinah di jalan yang bathil. sakinah di jalan yang benar contohnya keluarga Ibrahim, Luqman, Imran, Rasulullah SAW sedangkan sakinah yang bathil contohnya keluarga Abu Lahab yaitu saat suaminya (Abu Lahab) masuk neraka maka istrinya yang membawa kayu bakar untuk mengobarkan nyala apinya. sebagaimana dalam QS An Nur: 21 yang menyiratkan bahwa masuk ke dalam surga itu seharusnya bersama bukan sendiri-sendiri. bagaimana supaya sakinah terwujud, maka harus ada dua hal lain yang saling berhubungan, yaitu mawadah dan rohmah.

ðŸŒđ MAWADDAH
yaitu terpenuhinya semua aspek hak dan kewajiban suami-istri. kesadaran sepenuhnya terhadap hak dan kewajiban dalam rumah tangga akan menumbuhkan mawaddah. biasanya mawaddah akan terganggu jika pasangan suami istri berada dalam beberapa kondisi berikut ini.
1. tidak tinggal bersama-sama. misalnya, sama2 bekerja di kota atau pulau yang berbeda.
2. menikah dengan seseorang yang usianya relatif sama. hal ini karena percepatan kedewasaan laki2 lebih lambat daripada wanita.
3. adanya anak. di sisi lain hal ini akan mendatangkan kebahagiaan, namun ada hal yang perlu dipahami bahwa stelah menikah seorang prempuan akan lebih cekatan sebagai seorang ibu daripada sebagai istri, sebaliknya suami lebih cekatan menjadi suami daripada menjadi ayah. sehingga, saat suami membutuhkan istri seringkali istri masih terus disibukkan oleh anak. 

ðŸŒđ ROHMAH 
merupakan suatu tahap dimana pasangan suami-istri bisa menerima apa adanya terkait apapun yang ada pada pasangannya. pada tahap ini mereka bersyukur apapun dan bagaimanapun kondisi pasangannya, serta tidak saling menuntut. terkadang sampai pada tahap saling mengorbankan egoisme diri untuk bisa selaras dengan pasangan. 

ðŸŒđ BAROKAH
adalah bertambahnya kebaikan setelah pernikahan. hal ini seperti yang dilukiskan dalam al Qur'an surat at tholaq 1-6, yang mana bertambahnya kebaikan dalam pernikahan itu dapat dilihat dari 6 aspek, yaitu: 
1. selalu ada solusi dari tiap masalah, karena taqwa
2. rejeki datang dari arah yang tidak terduga
3. dicukupi segala sesuatunya karena tawakkal
4. mudah segala urusan karena taqwa
5. ditutupi aib2 nya
6. dilipatgandakan pahala

ðŸŒđ FASE-FASE RUMAH TANGGA
setiap rumah tangga akan melewati setidaknya 5 fase berikut ini.
1. fase bulan madu, yaitu saat semuanya terasa indah, serasa dunia milik berdua, yang lain hanya ngekos. 
2. deklarasi jati diri, yaitu saat nampak semua keaslian pasangan. inu fase terberat. pada saat ini akan banyak ditemukan ketimpangan antara teori dengan fakta lapangan. oleh karena itu, harus cukup ilmu untuk menghadapi masa ini.
3. cinta berubah menjadi perasaan butuh, jadi bukan cinta lagi yang dikedepankan tapi lebih karena kebutuhan.
4. fase saling adaptasi, melunakkan ego dan menggeser jati diri supaya selaras dengan pasangan.
5. sakinah, yaitu stabil namun tetap dinamis.

ðŸŒđ 7 KIAT MEMPERTAHANKAN SAMARABA
diantara kiat2nya adalah sebagai berikut:
1. mengawal rumah tangga untuk tetap pada jalur tujuan, jalan, dan pedoman hidup yang sesuai dengan Islam. kejelasan visi dan misi saat taaruf. seringkali saat taaruf terlihat baiknya saja, tapi setelah nikah kelihatan semua tidak baiknya.
2. menuntut ilmu, semuanya harus dipelajari sehingga tidak saling membodohkan.
3. berusaha mandiri, jangan selalu menunggu subsidi orang tua, karena rentan terkena intervensi.
4. usahakan punya kemampuan komunikasi yang baik, apalagi menikah beda suku dst.
5. mampu adaptasi.
6. toleransi, tidak boleh seenaknya sendiri.
7. qona'ah, yaitu tidak berekspetasi terlalu tinggi tentang pasangan. pasangan kita juga manusia yang pasti memiliki sisi kelebihan maupun sisi kekurangan.

ðŸŒđ NB untuk AKHWAT
jangan main2 memutuskan nikah dengan laki2 yang agamanya belum baik, jangan terlalu tinggi ekspetasi kita terhadap pasangan, jgn terlalu khusnudzon kalau nanti bisa jadi lebih baik agamanya setelah menikah. ingat wahai ahwat, laki2 itu biasanya setelah nikah imannya turun, jadi yang awalnya waktu taaruf kita memimpikan mendapatkan suami yang sholeh bak ustadz, stelah nikah nanti bisa jadi si istri menjadi alarm untuk selalu mengingatkan suami.


____________


⏰ Ikuti acara-acara MCAA di Jogja Islamic Fair 2017

30 maret-5 april 2017 di GOR UNY

1⃣ Seminar Bedah Buku "Saatnya untuk MENIKAH"
Bersama : 
- ustadz Fauzil Adhim (Penulis Bukunya)
- ustadz Ransi Al Indragiri (Pembedah)
🕰 Kamis 30 maret pkl 19.30-21.00

2⃣ Kajian Jelajah Hati : "7 Orang yg akan Mendapat Naungan 'Arsy di hari Kiamat"
Bersama : ustadz Syatori Abdurrauf
🕰 Jumat 31 maret pkl 15.30-17.30

3⃣ Kajian Bedah Buku : "Sehat & Sukses Pra Nikah" 
Bersama : ustadz dr. PROBOSUSENO
🕰 Minggu 2 april 15.30-17.30

4⃣ Talkshow Pra & Pasca Nikah : "Membangun Keluarga Dakwah Kokoh, penuh Barokah"
Bersama :
- ustadz Dwi Budiyanto
- ustadz Abdullah Sunono
🕰 Minggu 2 april pkl 19.30-21.00

5⃣ Bedah Buku : "Catatan Indah untuk Tuhan"
Bersama : Saptuari Sugiharto (penulis Bukunya)
🕰 Selasa 4 april 19.30-21.00

6⃣ Bedah Buku : "Taaruf Terindah menuju Pernikahan Barokah"
Bersama : ustadz Burhan Sodiq (penulis bukunya)
🕰 rabu 5 april 15.30-17.30



Organized by : MCAA
(Majelis Calon Ayah Amanah)

Suported by :
- Ayah Amanah Book Store
- Ayah Amanah Apparels

Komentar

Postingan populer dari blog ini

welcome 2022

Resum Kajian Pra-Nikah Pertemuan 6

Daftar CP Ustadz yang Ada di Jogja